BIOGRAFI KERAJAAN SAMPOERNA



Kerajaan bisnis Samporna dirintis oleh Liem Seeng Tee pada tahun 1913 dengan nama Handel Maastchapij,salah satu produknya Dji Sam SOE.Lalu ,generasi kedua yaitu Liem Swie Hwa dan Liem Swie Ling atau aga samperna (ayah Putra Sampoerna)melanjutkan bisnis keluarga dan mengganti nama menjadi PT.Hanjaya Mandala Sampoerna(1949),terus dilanjutkan oleh Putra Sampoerna(1990).

Setelah hampir 12 thn meniti karir di Sampoerna pada tahun 1999 tiba Putra Sampurna diganti oleh Michael pada tahun 2001 resmi memimpin PT.HM Sampoerna.

Putra Sampoena adalah generasi ketiga dari keluarga Sampoerna di Indonesia,pada tahun 2000 Putra mengestafetkan kepemimpinan operasional perusahaan pada Michael Sampoerna yang pada waktu itu perusahaan sudah bersetatus
gopublik 7ang kemudian di jual kepada Philip Morris pada tahun 2005 senilai Rp.18.5trilyun.

Keputusan Putra Sampoerna melepas saham ke Philip Morris dianggap wajar tapi bagi sebagian orang dianggap sebagai tindakan gila,maklum perusahaan rokok no tiga di indonesia memang nyaris tak punya cacat.
Setelah itu Putra sampurna berniat mengambil saham dari Merpati Airlens tapi yang jel as setelah kepemilikan di HMSP,saat ini Putra memiliki 65.5%saham di Transmarco Ltd.
dengan menjual sebagian saham Putra Sampoerna bakal mengepakkan sayap di luar industri rokok.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "BIOGRAFI KERAJAAN SAMPOERNA"

  1. pertaruhan sebuah bisnis keluarga terletak pada generasi penerusnya.Sejarah mencatat hanya beberapa gelintir perusahaan keluarga yg bisa exist sampai beberapa tingkat generasi penerusnya

    BalasHapus
  2. Mungkin bisa bikin film F4 pake background keluarga sampoerna ya :D

    BalasHapus
  3. Great tips, I would like to join your blog anyway,

    BalasHapus
  4. Great! Excellent idea really appreciate you Keep it up

    BalasHapus

silahkan berkomentar:
jangan spam,sara,profokasi,dll
semuanya boleh berkomentar,yang punya blog atau tidak silahkan berkomentar