PANDUAN KEAMANAN MENGENAL CIRI VIRUS DARI E-MAIL

Panduan Keamanan

1. Sebagian besar WORM'S yang menggunakan e-mail untuk menyebarkan menggunakan Microsoft Outlook atau Outlook Express untuk menyebarkan. Jika Anda perlu menggunakan Outlook, men-download dan memasang patch keamanan terbaru Outlook dari Microsoft. Secara umum, menjaga sistem operasi dan aplikasi up-to-date dan patch terbaru berlaku ketika mereka menjadi tersedia. Pastikan untuk mendapatkan update langsung dari penjual.

2. Bila mungkin, menghindari lampiran e-mail kedua ketika mengirim dan menerima e-mail.

3. Konfigurasi Windows untuk selalu menampilkan ekstensi file. Dalam Windows 2000, ini dilakukan melalui Explorer melalui menu Tools: Peralatan / Folder Pilihan / Lihat - dan matikan "Sembunyikan ekstensi file untuk diketahui jenis file". Hal ini membuat lebih sulit untuk merusak file (seperti EXE atau vbs) untuk menyamar sebagai file tidak berbahaya (seperti JPG atau TXT).

4. Jangan membuka e-mail dengan lampiran file ekstensi vbs, SHS atau PIF. Extension ini hampir tidak pernah digunakan dalam lampiran biasa tetapi mereka sering digunakan oleh virus dan worm's.

5. Jangan buka lampiran ganda file dengan ekstensi seperti NAME.BMP.EXE atau NAME.TXT.VBS

6. Jangan berbagi folder dengan pengguna lain kecuali jika diperlukan. Jika Anda melakukannya, pastikan Anda tidak berbagi penuh drive atau direktori Windows Anda.

7. Anda Putus jaringan kabel atau modem bila anda tidak menggunakan komputer Anda - atau hanya daya bawah ini.

8. Jika Anda merasa bahwa e-mail Anda mendapatkan dari beberapa teman yang aneh - jika dalam bahasa asing atau jika hanya mengatakan hal-hal yang aneh, memeriksa kembali dengan teman sebelum membuka lampiran apapun.

9. Bila Anda menerima e-mail iklan tak diminta atau e-mail, tidak membuka lampiran di web mereka atau ikuti link dikutip dalam mereka.

10. Hindari seksual dengan lampiran file. E-mail WORM'S sering menggunakan lampiran dengan nama seperti PORNO.EXE atau PAMELA_NUDE.VBS untuk menjadi daya tarik pengguna menjalankan mereka.

11. Jangan percaya ikon file lampiran. WORM'S sering mengirim file yang dapat dieksekusi yang memiliki ikon yang mirip dengan ikon gambar, teks atau file arsip - untuk membodohi pengguna.

12. Tidak pernah menerima lampiran dari asing dalam sistem online chatting seperti IRC, ICQ atau AOL Instant Messenger.

13. Hindari men-download file dari news group publik . Hal ini juga sering digunakan oleh penulis virus untuk menyebarkan virus baru mereka.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "PANDUAN KEAMANAN MENGENAL CIRI VIRUS DARI E-MAIL"

  1. Hmmm..ya ya ya..jadi tau nih..thx ya..

    BalasHapus
  2. Panduannya boleh juga mas saya coba terapkan, sekalian salam kenal


    http://berburuwang.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Great Blog with very good posts. Can you please tell me that how much time you take to create this wonderful blog, although I am new on internet but your work is very good and I appreciate your work.

    BalasHapus

silahkan berkomentar:
jangan spam,sara,profokasi,dll
semuanya boleh berkomentar,yang punya blog atau tidak silahkan berkomentar