Idealisme atau Egoisme ?

Sesaat sering nemuin argumen entah teman atau kerabat yang sok kenceng dalam mempertahankan pendapatnya bahwa yang di yakininya adalah mutlak benar dan penuh kebenaran atau pegen menang sendiri dengan semua pembenaran itu,tak tau lah yang pasti begitu.. dan lagi sering terucap penuh pasti bahwa semua berlandaskan sebuah Idealisme dan sedikit-sedikit mereka bilang bahwa apa yang dilakukannya penuh dengan ke-Idealismean,yakin itu Idealisme bukan Egoisme?? ok,coba kita kupas satu persatu..  

Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik,Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, pikiran, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi (Wikipedia)

Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. Istilah lainnya adalah "egois" (Wikipedia) 

Atau kata lain sebuah Idealisme adalah pencapaian sebuah tujuan yang mempertahankan sebuah ide untuk kepentingan orang banyak, perbedaan Idealisme dan Egoisme lebih terdapat pada tujuan dan kepedulian penuh terhadap orang sekitar,apa hasilnya jika sebuah Idealisme yang kita pertahankan akan menyakiti bahkan membunuh orang sekitar kita,seorang Idealis akan care terhadap keadaan sekitar dan tetap memperjuangkan apa yang menurutnya patut di perjuangkan untuk kepentingan banyak orang dan bukan kepentingan diri sendiri. 

 Mempertahankan sebuah Ide atau Idealisme tak semudah membalikan telapak tangan,bahkan selalu ada kontroversi pikiran,tindakan akan selalu ada mulai dari orang terdekat tetapi disinilah tantangan seorang yang berpaham pada sebuah Idealisme,bisa disebut ujian atau pendadaran diri untuk mencapai kedewasaan berpikir tentang arti kata Idealisme. 

Memilah antara Idealisme atau Egoisme memang sedikit susah dikala diri sedang berada dititik kesombongan tetapi kita bisa mencermati sebuah kata yang terucap dengan jelas "bahwa saya seorang idealis" itu sudah merupakan ke-egoisan diri dan belom lagi dari apa yang dikerjakan di masyarakat sekitar,karena seorang Idealis akan lebih banyak bekerja dari pada berbicara tentang sebuah Idealisnya tanpa maksud dan tujuan tertentu. Jadi apakah anda seorang Idealis atau Egois yang bertameng sebuah ke-Idealisan untuk disanjung orang sekitar?sebaiknya tanyakan dulu pada diri pribadi apakah ini Idealis atau Egois.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Idealisme atau Egoisme ?"

Posting Komentar

silahkan berkomentar:
jangan spam,sara,profokasi,dll
semuanya boleh berkomentar,yang punya blog atau tidak silahkan berkomentar