MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI

Kemampuan komunikasi yang rendah merupakan halangan untuk bekerja dan bersosialisai secara efektif dengan orang lain,berikut adalah beberapa langkah yang biasa dipakai para ahli komunikasi supaya kita dapat dengan mudah dipahami lawan bicara dan tidak ada yang frustasi dalam proses komunikasi:



# DENGARKAN DAN PASTIKAN ANDA MENGERTI
kemampuan mendengar membutuhkan perhatian penuh,usahakan menghentikan aktifitas sejenak di saat kita diajak berbicara.

#BUKTIKAN KITA MENGERTI DAN BERIKAN UMPAN BALIK
disaat lawan bicara membuat pernyataan,sebaiknya kita ulangi lagi pernyataan lawan bicara kita dengan menggunakan kalimat dan presepsi kita sendiri dan tanyakan apa yang mereka maksud dengan apa yang kita maksud juga,dan lanjutkan sampai ada titik temu yang tidak merugikan.

#JANGAN MEREMEHKANLAWAN BICARA
hindari menggunakan istilah yang jarang orang mengerti,meskipun tingkat pendidikan dan statu s jauh dibawah kita,gunakan bahasa sederhana yang bisa membuat mereka mudah mengerti.

#MEMASTIKAN LAWAN BICARA MENGERTI DENGAN YANG KITA BICARAKAN
dengan memastikan bahwa mereka mengerti apa yang kita bicarakan sama halnya kita memperhatikan dan menghormati mereka.

#JANGAN BERASUMSI
hindari sikap asumsi tanpa dasar saat berbicara,karena bisa menyebabkan kebingungan yang akan menimbulkan kesan keraguan kepada kita.

artikel dari http://java-inspiration.blogspot.com untuk mencari artikel yang berkaitan dengan topik diatas seperti:
* MENJADI INTERPERSONAL YANG BAIK
* SEMUT DULU BARU MENJADI GAJAH
* NGACA DONG?!!! is LIFE SUPLEMENT
* HIDUP ADALAH PILIHAN
* WORK HARD WITH PASIION

Postingan terkait:

26 Tanggapan untuk "MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI"

  1. uhmmm
    mancing apa mas?
    yah aku g begitu paham atas judul dan isinya maaf ya mas..

    BalasHapus
  2. thanks infonya ... klo digunakan untuk cari pasangan bisa ngak yah ... ^_^

    BalasHapus
  3. mampir bro ... blog walking, visit back ya ...

    BalasHapus
  4. bro salam kenal..
    ikutan kontes jg ya.

    BalasHapus
  5. untuk menjadi pemimpin yang baik dan pembicara yang baik, harus jadi pendengar yang baik terlebih dahulu :-)

    BalasHapus
  6. ssip dah

    lama-lama bisa jadi motivator

    BalasHapus
  7. Daniel-peluang usaha di internet@ yup bener mas...
    Wisata SEO Sadau@ha...ha....amin...

    BalasHapus
  8. Mantab bro..
    Komunikasi adalh salahsatu kunci untuk bersosialisasi yg baik..:)

    BalasHapus
  9. bener banget! kemauan dan kemampuan mendengarkan merupakan kunci terpenting sukses berkomunikasi. tapi...saya kok masih suka berasumsi ya hehe, meski seringnya terbukti salah...

    BalasHapus
  10. Hehehehe... susah memang menjadi pembicara yang baik... itu menurut saya

    BalasHapus
  11. Siiip... mantep nih tipsnya...

    BalasHapus
  12. OK pak... makasih atas yipsnya ini....

    BalasHapus
  13. thx.info nya ya.minta dukungan nya ya.moga sukses slalu

    BalasHapus
  14. Oke.. Q butuh bget tips kayak ginian. Komunikasiku lemah banget

    BalasHapus
  15. memang komunikasi itu harga mati sama siapa pun juga dalam menjaga silaturahmi, khususnya keluarga dan pasangan kita sendiri.. nice share bro.. :D

    BalasHapus
  16. Sebuah tip dengan pembahasan yang menarik

    BalasHapus
  17. Makasih nich pencerahannya

    salam kenal

    BalasHapus
  18. ok sangat segar.......


    ...buat teman-teman yang ingin membeli link dengan 2000 rupiah saja
    untuk meningkatkan pagerank & alexa kunjungi kami...thanks

    BalasHapus
  19. ok...mudah2an bisa menambah masukan buat anda semua...

    BalasHapus
  20. Wah, bagus benget blog nya...........
    Aku juga pengen belajar ah....

    BalasHapus
  21. Sering2 bergaul jangan depan komputer mulu :D

    BalasHapus
  22. Terima kasih utk tutorialnya... saya akan coba ya... :)

    BalasHapus
  23. mantap dach infonya
    makasih telah berbagi.

    BalasHapus

silahkan berkomentar:
jangan spam,sara,profokasi,dll
semuanya boleh berkomentar,yang punya blog atau tidak silahkan berkomentar